Tentu masih banyak usaha kecil menengah (UKM) yang melakukan manajemen SDM dengan
cara konvensional, misalnya dalam hal pengelolaan penggajian, perpajakan, dan kehadiran
karyawan. Bukannya salah, namun metode tersebut mungkin rentan sekali teljadi kesalahan,
boros waktu dan tidak efesien. Sehingga banyak pelaku UKM yang kehabisan waktu hanya
untuk membenahi persolaan itu dan tidak bisa fokus untuk mengembangkan usaha mereka.

Oleh karena itu, dibutuhkan aplikasi untuk membantu mengeljakan hal-hal sepelti itu,
seperti contohnya Gadjian. Aplikasi Gadjian yang baru diluncurkan pada Mei 2016 ini adalah
aplikasi SaaS (Software as a Service) bersistem cloud, di mana Gadjian menawarkan
layanan pengelolan administrasi SDM untuk UKM. Artinya pengusaha atau perusahaan yang
menggunakan layanan ini dapat melakukan perhitungan slip gaji, THR, pengelolaan cuti dan
manajeman SDM Iainnya secara real-time.

“HRD sering kali kewalahan dalam mengurus administrasi kalyawan, apalagi saat gajian.
Tidak hanya harus memeriksa data hadir karyawan selama sebulan, HRD juga harus
mengums pajak dan BPJS kalyawan satu persatu, untuk itu kami hadir menjadi solusi untuk
perusahaan khususnya dalam kategori Usaha Kecil Menengah." jelas Afia Fitn'ati CO—Founder
Gadjian.

Dengan menggunakan aplikasi ini, dapat membatu pelaku usaha kecil menengah dalam
mengelola data personalia, catatan kehadiaran kalyawan, mengelola cuti kalyawan,
perhitungan BPJS, penggajian dan THR, pajak selta mengelola pinjaman kalyawan secara
real—time. Tidak hanya itu, Gadjian juga membefikan kemudahan untuk pala kalyawan.
Karena pasalnya Gadjian dilengkapi dengan layanan pengajuan sakit, izin atau cuti. Jadi
dengan menggunakan sistem yang fleksibel ini membuat pengajuannya dan persetujuan cuti
kalyawan jadi lebih mudah dan cepat.

Ada 2 paket yang ditawarkan oleh Gadjian, yaitu Paket Standar dan Paket Sukses, di mana
keduanya memiliki spesifikasi yang berbeda. Paket standar adalah layanan glatis yang
fiturnya terdin' dan' pengelolaan data personalia, catatan kehadiran, penggajian dan THR,
Portal personalia, pembukuan gaji, dan bisa diakses oleh 1 admin untuk mengelola
penggajian dan non penggajian sekaligus.

Sedangkan Paket Sukses adalah layanan pra bayar dengan harga Rp 120.000 perbulan untuk
kuota kan/awan sebanyak 6 orang, itu artinya untuk per kan/awan selama sebulan hanya
membutuhkan Rp 20.000. Fitur dan' paket tersebut, meliputi data personalia, catatan
kehadiran, pengganjian dan THR, kelola sakit dan izin, kelola cuti, kelola pinjaman, kelola PPh
21, BPJS Ketenagakeljaan dan kesehatan, Portal personalia, pembukuan gaji dan bisa
dikelola oleh 3 admin.

Sejak peltama kali diluncurkan sampai saat ini, apalikasi yang berhasil mendapatkan
pendanaan dari Golden Gate Ventures sudah memiliki bebelapa klien di berbegai kota di
Indonesia, sepelti Jakarta, Yogyakal‘ta dan Bandung. Diantalanya adalah pemsahaan startup
sepelti Hijup dan DiskonAja, beberapa lembaga pemerintah dan pemsahaan-perusahaan di
berbagai bidang lainnya.

Meskipun Baru, Gadjian Sudah Memiliki Reputasi

Meskipun baru diluncurkan, tim yang mendirikan aplikasi Gadjian sudah cukup memiliki
pengalaman sebelumnya di bidang ini. PT Fatiha Sakti adalah perusahaan yang
mengembangkan aplikasi ini, di mana sudah memiliki pengalaman dalam membuat
pelangkat lunak di bidang keuangan dan SDM. Bahkan pemsahaan tersebut sebelumnya
sudah membangun aplikasi seana bernama HRD Halper yang telah digunakan oleh
peusahaan-perusahaan besar

Namun karena dipemntukan bagi komorasi, aplikasi tersebut kurang efektif untuk bidang
usaha kecil menengah. Sehingga aplikasi Gadjian dibangun dan ditujukan untuk kategon’
yang lebih kecil lagi yaitu UKM. Ini lah pembeda layanan SaaS sempa lainnya, di mana
Gadjian memfokuskan layanannya untuk pengusaha kecil menengah yang ingin
mengembangkan usahanya. Desain aplikasinya pun dibuat lebih user friendly agar aksesnya
lebih mudah, baik untuk pelaku usaha maupun kalyawan pemsahaan yang menjadi klien
Gadjian.