Menjalankan UKM tentu saja tidak langsung mulus menuju kesuksesan. Ada berbagai
halangan yang muncul dan keadaan yang menuntut kekuatan mental yang kuat. Namun
bagaimana jika memang usaha yang kita jalani sedang mandek? Rasanya segala upaya
peningkatan penjualan tidak memberikan hasil yang signifikan. Sehingga diperlukanlah
langkah lainnya yang efisien untuk mendapatkan hasil tersebut.

Meningkatkan pendapatan sangatlah sulit

Apakah Anda ingat pelajaran ekonomi saat sekolah dulu? Walaupun sebenarnya saya juga
malas untuk mengingat-ingatnya kembali, tapi kita akan bahas sedikit.

Dalam meningkatkan pendapatan ada tiga jenis cara, intensifikasi, ekstensifikasi,
dan difersifikasi. Namun saat ini, melakukan ketiga hal ini belum tentu dapat
mengkatkan pendapatan usaha Anda. Mengapa? Karena zaman sudah berubah. Mari kita
bahas satu per satu.

lntensifikasi selalu mencapai titikjenuh

Melakukan intensifikasi, yaitu meningkatkan segala spesifikasi dan kapasitas internal di
dalam usaha. Misalkan saja, meningkatkan jumlah produksi, meningkatkan kualitas,
memperbanyak cetak iklan untuk pemasaran, dll. Memang benar ada peningkatan
pendapatan, tapi, apakah pengelualan untuk intensifikasi ini akan setimpal dengan
pendapatannya? Belum tentu.

Suatu saat ada suatu titik jenuh di mana produk Anda sudah dicoba hampir seluruh
penduduk di wilayah itu. Sekalipun Anda menambah kembali dana untuk intensifikasi,
peningkatan pendapatan yang Anda dapatkan tidak terlihat nyata.

Ekstensifikasi? Malah Iebih buruk Iagi

Selanjutnya adalah ekstensifikasi, yaitu memperluas usaha menjadi Iebih besar. Kalau
bahasa yang Iebih mudah dimengerti adalah: buka cabang. Membuka cabang baru di
tempat Iain yang belum dijangkau oleh produk Anda. Ekstensifikasi memang akan
meningkatkan pendapatan. Apalagi jika produk Anda sudah diintensifikasi sebelumnya,
sehingga kualitas produk sangat disukai oleh konsumen. Namun semudah itukah
melakukan ekstensifikasi? Tentu saja tidak.

Membuka cabang baru berarti Anda harus mempersiapkan dananya. Semua biaya
operasioal hampir menyamai cabang yang lama. Itu sebabnya, banyak bisnis yang
mempertimbangkan masak-masak sebelum membuka cabang baru. Karena selain
biayanya besar, keputusan buka cabang baru belum tentu memberikan pendapatan yang
besan

Awalnya diversifikasi terlihat inovatif

Diversifikasi adalah memperbanyak sumber pendapatan. Contohnya dengan membuat
produk baru, atau bahkan perusahaan baru. Hal ini sering disebut dengan inovasi radikal,
dan sangat di'dewa'kan oleh banyak entrepreneur saat ini. Namun tidak mesti tiap
melakukan diversifikasi itu adalah penyelamat pendapatan suatu usaha. Peluncuran
produk/jasa baru belum tentu diterima oleh pasar. Banyak Ufa! and error yang menyedot
biaya besar untuk mendapatkan produk sukses.

Internet marketing untuk akselerasi usaha anda

Cara menanggulangi masalah pada ketiga proses di atas adalah dengan Internet
marketing. Pemasaran digital tidak mempunyai batasan jarak dan waktu. Sehingga dapat
memperluas jangkauan pemasaran tanpa harus membuka cabang. Anda tetap akan
mendapatkan peningkatan pendapatan karena calon konsumen Anda sangat banyak.
Bahkan saat membuat produk baru, Anda tidak perlu banyak mengeluarkan biaya untuk
mengetes pasar, karena semuanya diproses secara digital.

Tentu saja melakukan Internet marketing tidak semudah membalikkan telapak tangan.
Para pelaku usaha dituntut untuk belajar dan memahami seluk beluk pemasaran digital.
Karena memasarkan produk di dunia maya jauh berbeda dengan pemasaran tradisional.
Namun, sekali terjun ke dunia Internet marketing, maka Anda akan lebih mudah
menjalaninya. Anda hanya perlu memulai untuk mencobanya, membiasakan diri dan terus
berkembang dengan Internet marketing.

Sumber : goukm.id

Hello Sis, koleksi fashion & lifestyle terbaru ini cocok buat kamu lho..