Sudah bukan hal yang baru lagi media sosial digunakan sebagai media atau tempat untuk
menjual produk. pasalnya platform—platform ini tidak hanya bisa digunakan untuk tempat
pemasaran saja namun juga bisa menjadi platform untuk mempromosikan bisnis secara
online tanpa dipungut biaya. Ini yang membuat kebanyakan orang lebih memilih untuk
membuka usaha online dengan media sosial ketimbang berjualan offline. Semakin tinggi
penikmat media sosial untuk usaha akhirnya mendorong pemsahan—pemsahaan tersebut
mengembangkan fiturnya. Sepetti Facebook misalnya dengan meluncurkan Facebook
Marketplace yang mempakan platform jual—beli yang bisa diakses oleh pengguna Facebook.

Selain pemasaran, media sosial juga banyak dimanfaatkan untuk promosi. Ada yang gratis
dan ada juga yang berbayar dengan menggunakan fitur Ads seperti Twitter Ads, Facebook
Ads, dan Instagram Ads. Bila Anda pengusaha yang juga ingin memanfaatkan media sosial
sebagai tempat untuk menjajakan jaualan, Anda harus mengetahui medsos yang tepat
karena setiap media sosial memiliki karakter pengguna yang berbeda—beda. Daripada Anda
hams memakan waktu menggunakan banyak media sosial untuk usaha lebih baik fokus ke
satu platform namun karekter penggunannya sangat dominan dengan target konsumen
bisnis Anda. Berikut beberapa media sosial dan bagaiamana karakter penggunannya
sehingga Anda bisa menentukan media sosial yang cocok untuk usaha online.

Facebook

Facebook merupakan jaringan sosial network terbesar, baik nama dan banyaknya pengguna
jumlahnya sudah melampaui pemakaian media sosial lainnya. Bahkan kami kutip dari
okezone.com menurut laporan pada kua1tal ketiga (Q3) di 2016, pengguna Facebook
diketahui telah melebihi angka 1 miliar di perangkat mobi/e seperti smartphone dan tablet.
Data ini diambil bedasarkan data jumlah pengguna aktif secara harian pada September
2016. Pada pn‘ode yang sama juga, Facebook dilaporkan memiliki pengguna aktif bulanan
sebanyak 1.66 miliar hanya di perangkat mobile dengankan pengguna aktif bulanan dari
semua platform sebanyak 1.79 miliar.

Berdasarkan data—data itu maka tidak heran pengusaha banyak yang memilih media sosial
ini sebagai sarana pemasaran dan promosi mereka. Konten yang bisa di posting pada media
sosial ini juga tidak terbatas, selain text, Kita juga bisa meng—shar‘e foto, video, update
pemsahaan dan hal lainnya yang bisa meningkatkan penjualan produk.

Twitter

Media sosial lainnya adalah twitter, media memang tidak serupa dengan Facebook di mana
Anda hanya bisa memposting teks minimal sebanyak 140 karakter, selain teks pengguna
juga bisa mengupload konten lainnya seperti gambar, link, video atau poling. Uniknya
media sosial ini adalah pengguna bisa menggunakan tanda tagar (#) atau yang biasa
disebut dengan hastag untuk mengkelompokan sebuah pesan atau status yang
menggunakan kata kunci khusus. misalnya Anda ingin mem—posting busana muslim, Anda
bisa menggunakan tanda tagar diikuti dengan keyword khusus sesuai dengan produk yang
mudah dicari oleh pengguna twitter lainnya contohnya #bajumuslim. Nah, pengguna Iain
akan lebih mudah mencari produk Anda dengan menuliskan hastag yang serupa yaitu
#bajumus/im pada kolom pencarian.

Yang harus diperhatikan jika menggunakan media sosial ini adalah jangan posting hanya
untuk mengupload promosi produk Anda saja, buatlah konten yang relevan dengan tren
yang sedang diminati oleh pengguna twitter lainnya. 

Instagram 

Instagram adalah media sosial yang Iebih condong pada aspek visual seperti foto dan
video. Mesekipun jenis kontennya cenderung terbatas, namun penggunannya bisa
dikatakan cukup banyak. Kurang Iebih tercatat Iebih dari 400 juta pengguna memposting
dengan berbagai macam konsep, ada yang khusus memposting bertemakan kuliner dan
traveling, fashion, kesenian dan tak Iuput tren masa kini yaitu selfie. Karena media sosial
ini mengkususkan untuk konten berupa gambar maka di dalam Instagram juga tersedia
fitur mengedit foto dan video yang dapat diakses dengan mudah oleh perangkat mobile.

Pengguna media sosial ini sendiri memiliki pengguna yang Iebih spesifik, sehingga Anda
juga harus menyesuaikan karakter pengguna dengan usaha yang ingin Anda jalankan.
Bagaimana rentang pengguna media sosial Instagram? 

Hello Sis, koleksi fashion & lifestyle terbaru ini cocok buat kamu lho..