Muda dan berpenghasilan adalah impian semua orang, tidak terkecuali para pelajar yang masih berstatus mahasiswa. Salah satu faktor mengapa banyak sekali mahasiswa yang bekerja sambil kuliah adalah lingkungan sosial dan meningkatnya kebutuhan saat kuliah. Maka tidak heran banyak sekali anak kampus yang mencoba merintis Lisaha sampingan n-iahasiswa saat mengenyam bangku kuliah. Hasilnya ada yang sukses bahkan ada yang tidak. Misalnya Yasa Singgih, pria sukses yang menjalani bisnis fashion saat berkuliah di Bina Nusantara. Tekad wirausahanya yang besar mengantarnya masuk ke dalam jajaran nama pengusaha termuda yang sukses di bisnis e-commerce di majalah Forbes. 

Pada usia 19 tahun Yasa memulai bisnisnya dari 0 dan melihat peluang bisnis yang sangat besar di bidang fashion. Sehingga dibangunlah clothing line yang ia beri Nama Men Republic yang berbasis secara online. Berawal dari menjalankan bisnisnya sendiri saja dan bermodalkan 4 lusin produksi sepatu pertamanya, kini brand yang ia bangun telah bertransformasi menjadi brand fashion Indonesia yang digandrungi oleh para pn'a muda di Indonesia. Bahkan tidak hanya di tanah air saja, mereknya sudah dikenal di 8 negara Asia  lainnya. 

Bila Anda sama-sama memiliki niat untuk memulai bisnis diusia muda seperti Yasa Singgih, tidak ada salahnya untuk mulai dari sekarang. Modal belum ada? Atau Bingung mau bisnis  apa? Oleh ka rena itu, ma ri simak poin-poin berikut ini.  poin berikut ini.

Jangan Terpaku dengan Modal 

Saat Anda ingin membangun bisnis hal yang pertama kali terlintas adalah bagimana dengan modalnya. Apa lagi mahasiswa, uang saku selalu pas untuk kebutuhan sehari—hari seperti  untuk makan, bayar fotocopy dan “bersosialisasi”. 

Kalau Anda bisa lebih berpikir lebih kreatif ini tidak akan jadi masalah, bahkan Anda tidak perlu menyisihkan uang saku untuk modal usaha. Bagaimana bisa? Caranya Anda bisa mulai dengan bisnis kecil—kecilan terlebih dahulu. Contohnya menawarkan jasa print atau foto copy ke teman—teman seangkatan Anda. Tapi bukannya keuntungannya sedikit? Anda bisa menyiasatinya dengan mencari tempatfotocopy atau print yan lebih murah, maka Anda bisa  mengambil keuntungan lebih banyak. 

Andaikan saja Anda menawarkan jasa fotocopy seharga Rp 500 perlembar dan Anda bisa menemukan tempat fotocopy dengan harga Rp 250 perlembar; maka Anda bisa mendapatkan untuk Rp 250 perlembamya. Jika Anda 50 orang dan yag harus di fotocopy 10 lembar, maka Anda bisa mendapatkan Rp 125.000. Lumayan bukan?

Temukan Mitra Kerja 

Bila Anda ingin memulai usaha sendiri setidaknya Anda juga harus mempertimbangkan untuk menawarkan orang Iain menjadi mitra kelja Anda dalam hal pemasaran. Karena ini akan Iebih  efektif jika Anda melakukan segala sesuatunya sendiri. 

Mulai dengan Ide Sendiri 

Ide binis sebenarnya gampang saja, yang terpenting adalah bisnis tersebut sesuai dengan minat Anda dan Anda mengerti apa yang harus dikerjakan. Karena pada dasarnya memulai segala pekeljaan harus disesuaikan dengan minat dan kemampuan dengan begitu proses  berjalannya pun akan Iebih mudah dan Anda pun tidak akan merasa terbebani.

Temukan Konsumen di Lingkungan Kampus 

Saat Anda sudah menemukan bisnis yang tepat untuk Anda dan produk yang ingin ditawarkan sudah 100% siap, maka waktunya untuk memasarkannya. Susunlah strategi pemasaran yang efektif untuk menjangkau konsumen yang ingin Anda tuju dan jangan lupa sediakan budget khusus untuk tahap ini. sebarkan flayers, banner sticker, diskon ataupun iklan di media sosial atau di setiap komunitas kampus seperti himpunan mahasiswa atau unit  kegiatan mahasiswa sebagai langkah awal strategi pemasa ran.  Setelah melakukan sterategi pemasaran pastikan Anda meminta feedback dari mereka. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apa yang kurang dari produk yang Anda tawarkan sehingga  nantinya Anda bisa mengembangkannya kembali.

Tawarkan Solusi di Produk Anda 

Selain berdasarkan minat dan kemampuan Anda, untuk menentukan usaha apa yang cocok Anda jalani di kampus adalah dengan melihat kebutuhan target konsumen Anda. Untuk kali ini target pasar yang ingin Anda tuju adalah masyarakat yang Anda di lingkungan kampus, sebagian besar mahasiswa, untuk itu Anda bisa tentukan Anda yang biasanya dicari oleh mereka. Inilah cara yang paling mudah untuk menentukan bisnis apa yang pas untuk dijalankan di lingkungan kampus. 

Namun bila Anda masih belum bisa menentukan bisnis apa yang bisa Anda coba, berikut ini  beberpa peluang usaha yang bisa Anda coba jalankan.

1. Usaha Fashion Online

1_67.jpg

Dari sekian banyak bisnis yang bisa Anda jalani di lingkungan kampus, bisnis fashion online salah satu yang menjanjikan. Pasalnya tidak hanya gaya berbusana yang terus berubah-ubah, tapi juga karena kini penampilan sangat diperhatikan apalagi untuk para kaum  wanita. Untuk itu ini jadi binsis yang sangat berprosepek.  Produk yang ditawarkan bisa berupa pakaian, tas, sepatu, aksesoris dan bisa juga produk kecantikan. Tidak perlu menjual produk sendiri, Anda bisa menjadi reseller atau dropshipper  fashion online yang sudah terkenal.

2. Menawarkan Jasa Promote

2_64.jpg

Kalau Anda punya jumlah followers media sosial yang cukup banyak, Anda bisa menawarkan jasa promote. Istilah ini disebut juga dengan paid promote, di mana Anda bisa mendapatkan penghasilan dengan hanya memposting foto Anda dengan produk yang dipromosikan di akun  media sosial Anda.  Biasanya akun yang menyediakan jasa tersebut menyediakannya secara berdurasi dan tariffnya ditentukan berdasarkan jumlah follower yang didapatkan oleh Online Shop yang dipromosikan. Nah, bila Anda aktif di media sosial dan punya jumlah follower yang cukup banyak manfaatkan Iah. Tenang bisnis seperti ini tidak akan menggangu kegiatan kuliah Anda,  malah waktu kerjanya Iebih felksibel tergantung dan bisa disesuaikan dengan jadwal Anda.

3. Bisnis Event Organizer

3_68.jpg

Kata siapa kalau untuk menjajaki binsis event organizer hanya bisa dilakukan oleh orang yang sebelumnya sudah bekelja dan memiliki pengalaman di bisnis tersebut, mahasiswa pun bisa. Apa Iagi bila Anda sering menangani beberapa event kampus, ini akan sangat mudah dijalankan. Pasalnya mereka yang sudah memiliki pengalaman menyelenggarakan event sudah mengetahui apa—apa saja yang diperlukan, jadi bisa memperkirakan apa yang akan  ditawarkan dan bisa mengikuti keinginan klien.  Paling banyakjasa ini dibutuhkan oleh pihak kampus yang ingin mengadakan seminar nasional maupun internasional. Tapi tidak hanya acara seminar saja yang bisa ditanangani oleh EO,  misalnya acara ulang tahun, nikahan atau festival kampus juga sering dikelola oleh EO.

4. Guru Les Private

4_63.jpg

Ini bisnis yang cocok bagi Anda yang menyukai bidang mengajar. Biasanya untuk profesi les privat yang sering dicari adalah mata pelajaran eksak dan Bahasa asing, seperti matematika, fisika, kimia, Bahasa inggris bahkan ada juga Bahasa Arab.  Untuk awal Anda bisa mulainya menjadi pengajar les untuk adik kelas di kampus Anda atau menawarkan jasa pengajaran untuk anak-anak di lingkungan rumah Anda. Jika mereka suka dengan metode pengajaran Anda, maka otomatis mun’d-murid Anda tersebut pastinya akan  merekomendasikan jasa mentoring Anda ke teman-temannya yang Iain.

5. Usaha Jasa Printing

5_66.jpg

Sebagai mahasiswa tidak akan pernah lepas dari tugas dan laporan dalam bentuk hard copy. Untuk itu ini bisa dijadikan peluang usaha yang sangat menjanjikan. Jasa ini bisa Anda tawarkan ke teman Anda sesama mahasiswa atau untuk masyarakat umum. Pada umumnya bisnis ini membutuhkan laptop atau komputer, printer dan kertas untuk  memulainya.  Nah bagaimana bila Anda juga mahasiswa dan rumah Anda jaraknya tidak dekat dengan universitas tempat Anda kuliah? Gampang, Anda bisa ajak teman yang kost di sekitar kampus dan mulai binsis dengan teman Anda itu. Tidak perlu tempat yang besar, cukup kamar kos saja dan cobalah hanya terima pesanan, jadi kosan teman Anda tidak ramai  dengan orang—orang yang ingin print tugas atau laporan lainnya.

6. Usaha Kerajinan Tangan

6_2.jpeg

Bila Anda memiliki keahlian khusus dalam membuat suatu kerajinan ini juga bisa dijadikan peluang usaha yang menarik dicoba. Misalnya membuat kankatur lucu untuk kado. Kami sering sekali bertemu dengan mahasiswa yang memiliki hobi seperti ini. Sangking banyaknya permintaan untuk dibuatkan gambar karikatur akhirnya banyak yang memasang tariff untuk  satu gambar.  Keuntungannya pun tidak main—main sekali gambar saja ada yang dapat menghasilkan Rp 300 ribu sampai Rp 500 ribu. Anda pun juga bisa kalau memiliki keahlian dalam menghasilkan  kerajinan tangan.

7. Jasa Desain Grafis

6_53.jpg

Jika Anda memiliki ketertankan pada dunia desain, cobalah untuk menjajaki bisnis menawarkan jasa desain grafis untuk sebuah perusahaan atau sebagai pekelja lepas. Bisnis ini cukup memiliki prospek yang cerah karena kini sudah cukup banyak orang bahkan perusahaan yang membutuhkan jasa tersebut untuk membuat campaign bisnis mereka atau  logo bisnis mereka.  Bahkan karena banyaknya permintaan kini tersedia website online yang khusus menawarkan jasa tersebut. Untuk promosi bisnis, Anda bisa menawarkannya ke teman terdekat atau  menggunakan situs website Sribulancencom, F1verr.com, Upwork.com, dan Iain sebaginya.

Sumber: goukm.id

Hello Sis, koleksi fashion & lifestyle terbaru ini cocok buat kamu lho..