Kiprah Dahlan Iskan memang tidak bisa dilupakan, beberapa gebrakan-gebrakan yang dapat mengangkat kesejehteraan negara dirasakan selama ia menjadi direktur Perusahaan Listn'k Negara hingga menjadi menteri BUMN. Namun siapa sangka beliau adalah anak dan' keluarga miskin yang serba kekurangan. Mungkin sebagian orang hanya bisa iklas menerima jalan takdir tersebut, namun berbeda dengannya justru karena lahir di tengah keluarga yang tidak  berada malah menyemangati dirinya untuk dapat memperbaiki ekonomi keluarga. 

Selain semangat, beliau membagi kiat sukses lainnya yang kami rangkum menjadi 5 kunci sukses Dahlan Iskan.

1. Fokuskan pada satu bidang bisnis 

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah fokus menekuni satu bisnis terlebih dahulu. pilihlah bisnis yang sesuai dengan kemampuan Anda, lalu fokuskan pada target usahanya. Bila suatu saat usaha Anda mulai mengecap kesuksesan jangan cepat terlena dengan memulai proyek yang prospeknya belum terlalu terlihat. Sebaiknya kembangkan terlebih dahulu satu usaha. Tetapi bukan berarti Anda tidak boleh memulai usaha lain, boleh saja dengan syarat bisnis Anda sebelumnya sudah mencapai target dan usaha lainnya memiliki prospek yang jelas. Karena lebih baik sukses pada satu bidang usaha daripada memiliki banyak usaha  namun tidak ada yang mencapi target.

2. Tidak mesti cerdas namun bisa jalin koneksi 

Sebagian pengusaha pasti setuju dengan pemikirannya ini. Di mana cerdas tidak menjadi kunci sukses Dahlan Iskan yang utama, melainkan koneksi Iah yang sangat dibutuhkan. pada saat menjadi pembicara dalam seminar rangka Kongres Diaspora II di JCC, Senin (19/08 /2013) lalu ia mangatakan, bahwa tujuannya utamanya menyekolahkan anaknya keluar negeri bukan atas dasar untuk membuatnya cerdas melainkan untuk menambah relasi  sebagai bekal pada saat anaknya menggantikan posisinya sebagai pemilik Jawa Pos Group.  .

3. Jangan takut berusaha pada usia dini 

Dahlan Iskan berpendapat bahwa usia sebenarnya tidak menjadi alasan kapan seseorang ha rus mulai berbisnis. Namun lebih cepat rnelangkah untuk jalani dunia bisnis akan lebih baik. Ia sendin’ memulainya pada usaha 25 tahun. Ia beranggapan bahwa pada usia itulah pikiran kita masih imajinatif, selain itu kita juga bisa memiliki waktu yang panjang untuk belajar  berkembang dan merasakan pasang surut merintis usaha.

4. Keluar dari zona nyaman 

Zona nyaman adalah musuh bagi setiap pengusaha yang akan membuat usaha akan terus bergerak ditempat. Beliau pun setuju dengan hal ini sehingga pada saat tamat SMA memutuskan untuk merantau ke Kalimantan untuk mempertaruhkan nasibnya. Ujarnya bila tidak begitu, ia tidak akan keluar dari lingkar kemiskinan.

5. Perlu rencana yang matang dan konsisten 

Kunci sukses Dahlan Iskan yang terakhir adalah rencana atau strategi. Di mana hal ini sangat dibutuhkan dalam setiap bidang bisnis apapun. Menurutnya saat kita melakukan sesuatu sebaiknya lakukan lah secara bertahap dan tetap di dalam ruang lingkup yang sedang kita jalani itu dengan konsisten. Dalam artian bila Anda memulai satu bisnis selain Anda harus pusatkan pada bisnis itu Anda juga harus memiliki perencanaan jangka pendek serta  perencanaan jangka panjang.

Sumber : goukm.id

Kerajinan asli Indonesia dan berkualitas, dapatkan hanya di Kriya Indonesia