Sering denger ga sih kalimat ini, ujan sore gini enaknya makan mie instan pake telor trus baso plus rawitnya yang banyak terus juga… Nah, berhubung sekarang lagi sering-seringnya hujan nyamperin kita di sore hari, yuk, kita intip makanan apa aja sih yang enak disantap pas lagi hujan sore!

1. Mie Instan

1_164.jpg

Sebagian besar orang Indonesia pasti sohiban banget sama makanan yang satu ini. Apalagi disantap pas hujan sore-sore gitu. Bayangin ya, kenyalnya mie dalam kuah rasa soto yang gurih, ditambah irisan rawit yang pedasnya menggigit. Beuh, laziiiz! Belum lagi kalau ada stok telur, kornet, baso, dan sawi hijau di kulkas. Nambah rame aja rasanya. Ayo, buruan ke dapur dan pilih rasa mie instan mana favoritmu!

 

2. Seblak

2_162.jpg

Makanan yang udah jadi camilan umum di Bandung ini, wajib masuk daftar makanan yang harus ada pas hujan sore. Biasanya seporsi seblak digawangi kerupuk kenyal, siomay kering, telur, kwetiau, ceker, baso, atau tulang. Pedas dan kental kuahnya itu, bakal bikin kita ga bisa move on dari rasanya. Nagih banget! Note, Setiap penikmat seblak punya content favoritnya masing-masing. Ada yang doyan siomay kering plus ceker doang, ada yang kwetiau sama tulang doang, malah ada yang merasa cukup dengan kerupuk kenyal dan telur aja. Tentunya dengan tingkat kepedasan yang berbeda-beda.

 

3. Soto Ayam

3_162.jpg

Suiran ayam yang berenang dalam kuah kaldu yang gurih, ditambah potongan tomat, kol, telur, bihun, irisan seledri dan daun bawang, pasti bakal bikin kita ngiler di tengah dinginnya udara sore yang berhujan. Apalagi kalau ditemenin sama nasi atau ketupat. Jangan lupa juga sambal dan taburan bawang gorengnya ya! Langsung nyari gerobak Soto Ayam, biar kata hujan, becek, ga lagi ngojek, hajaaaar! Judulnya, kan, kala Soto Ayam memanggil.

 

4. Gorengan

4_2.png

Yang satu ini kaya camilan kebangsaan siapa aja di jagat raya Indonesia yah. Dari anak kecil, remaja, dewasa muda, dewasa beneran, orang tua, menikah, belum menikah, jomblo temporer, sampe jomblo permanen, gandrung banget sama camilan ini. Ditambah lagi harganya murah dan pedagangnya yang menjamur dimana-mana. Gerobak gorengan punya presentasi yang hampir sama dengan konter pulsa yang tersebar tiap berapa langkah (lebay). Varian gorengan dari pisgor (baca: pisang goreng), bakwan, cireng, pisang coklat, gehu (tahu) pedas, tempe goreng, hingga ubi goreng, bikin kita ga bosen buat nyantapnya. Ga ada yang lebih asyik dari hangatnya gorengan di sore yang berhujan.

5. Bakso

5_152.jpg

Terakhir, tapi yang paling ngehits sekaligus disebut camilan abadi masyarakat Indonesia, terutama kaum hawa adalah B-a-k-s-o! Kuah kaldu yang nikmat dengan bakso yang uratnya menggoda, beuh, ajiiiib! Biasanya semakin deras hujannya, semakin pedas kuahnya (lebay). Sebagian orang yang cinta banget sama camilan ini bahkan menjadikannya makanan utama dengan memasangkannya dengan nasi putih atau ketupat. Anak kos nih yang sering banget makan bakso pake nasi. Hemat sob! Walaupun nyemil tapi kenyangnya awet (#ga mau rugi).

 

Ngiler ya? Ayo, buruan ambil payung or pake jas hujan yang kece, segeralah berburu makanan-makanan yang tersebut di atas. Dan jangan lupa siapin juga teh tawar atau kopi panas sebagai minumannya. Karena Sore yang hujan adalah saatnya kita memanjakan lidah.\

Mau cemilan enak dan minuman yang seger-seger? kita ada banyak lho.. :)