Jakarta adalah kota metropilitan yang identik dengan gaya hidup hedonis dengan biaya hidup tinggi. Meski demikian ibu kota tetaplah menjadi tempat mengadu nasib paling favorit di negara ini. Banyak yang berbondong-bondong datang dengan alasan ingin merubah nasibnya. Tak sedikit dari mereka yang akhirnya akan bernyanyi ' siapa suruh datang jakarta'. Namun ditengah kondisi yang serba kapitalis ada loh tempat-tempat yang menyediakan hiburan gratis dan edukatif di Jakarta dengan kualitas yang mumpuni. Berikut daftarnya

1. Kineforum

KINEFORUM_05_WE_634.jpg

Kineforum adalah bioskop pertama di Jakarta yang menawarkan ragam program film sekaligus diskusi tentang film. Film-film yang diputar adalah film-film yang bisa menjadi alternatif tontonan bagi publik. Mulai dari film klasik maupun kontemporer, film panjang maupun pendek, film luar maupun dalam negeri, dan juga film-film dari non arus utama. Ruang ini diadakan sebagai tanggapan terhadap ketiadaan bioskop non komersial di Jakarta dan kebutuhan pengadaan suatu ruang bagi pertukaran antar budaya melalui karya audio-visual (http://kineforum.org/web/). 

Kineforum ini beralamat di Taman Ismail Marzuki (TIM) No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Tepatnya di belakang XXI TIM.

Tapi beberapa filmnya kadang ada juga sih yang dikenakan donasi, biasanya itu Rp.15.000 untuk weedays dan Rp.20.000 untuk weekend. Tapi worthit kok untuk tayangan berkualitasnya apalagi untuk film lama yang dulu belum sempat ditonton.

2. Geleri Indonesia Kaya

2_89.jpg

Berlokasi disalah satu mal mewah di Jakata yaitu  Grand Indonesia, West Mall Lt. 8, Jalan MH Thamrin No. 1, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Namun semua acaranya bisa dinikmati denga gratis, hanya perlu registrasi online saja tapi yang gak sempat registrasi online juga tetap bisa masuk pada hari H nya denga catatan masih ada kursi kosong. Mayoritas kegiatan yang ditampilkan adalah kegiatan seni dan kebudayaan. 

Kabar baiknya, jika tidak dapat jatah untuk menikmati pertunjukan seninya maka bisa tetap bersenang-senang di sini, karena ada selasar interaktif tentang budaya Indonesia yang bisa kita mainkan.

3. Atamerica

3_3.png

@america adalah pusat kebudayaan abad ke-21 yang mutakhir di mana Anda dapat menjelajahi dan mengeksplorasi Amerika Serikat serta mengungkapkan pikiran dan gagasan tentang Amerika.

Di @america Anda bisa menemui teknologi tinggi dan belajar lebih banyak tentang Amerika Serikat. Melalui diskusi, webchat, pertunjukan budaya, debat, kompetisi, dan pameran, Anda dapat mengalami yang terbaik dari Amerika, seperti idealismenya, kreativitas, dan keanekaragaman. Siap untuk mengunjungi AS? Mari berbincang-bincang dengan penasihat pendidikan untuk mempelajari lebih lanjut tentang studi di Amerika

Berlokasi di Pacific Place Mall 3rd floor #325, Jalan Jend. Sudirman No.52-53, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Fasilitas nya lengkap mulai dari platform multimedia seperti iPad dan Google Liquid Galaxy hingga program tematik serta para e-guide @america yang sarat dengan pengetahuan, @america menawarkan pengunjung berbagai bantuan untuk memperkaya kunjungannya. Untuk informasi lebih lanjut, datangi salah satu e-guide kami yang sedang bertugas.

@america ini dinaungi oleh kedutaan Amerika di Indonesia, pertunjukan yang digelarnya juga variatif. Selain hiburan, banyak juga kegiatan educatifnya.

 

4. Bentara Budaya Jakarta

4_85.jpg

Beralamat di komplek Kompas Gramedia Palmerah, tepatnya di Jl. Palmerah Sel. No.17. 

Bentara Budaya Jakarta adalah lembaga kebudayaan HARIAN KOMPAS, yang berdiri sejak 26 September 1982 di Yogyakarta dengan Sengkalan "MANEMBAH HANGESTI SONGING BUDHI".

Sebagai utusan budaya, Bentara Budaya menampung dan mewakili wahana budaya bangsa dari berbagai kalangan, latar belakang dan cakrawala yang mungkin berbeda.

Bentara Budaya berupaya menampilkan bentuk dan karya cipta budaya yang barangkali pernah mentradisi, ataupun bentuk-bentuk kesenian massa yang pernah populer dan merakyat. Di samping itu menampilkan pula karya baru yang belum mendapat pengakuan di tempat-tempat resmi.

Di sini, pengunjung tak perlu mengeluarkan uang untuk melihat pameran atau menonton pertunjukan seperti pementasan sendratari dan konser musik. Semua digelar untuk umum dan gratis.

 

5. Komunitas Salihara

5_1.jpeg

Komunitas Salihara adalah sebuah pusat seni yang berkiprah sejak 08 Agustus 2008, dan pusat seni multidisiplin swasta pertama di Indonesia.

Berlokasi di atas sebidang tanah seluas sekitar 3.800 m2 di Jalan Salihara 16, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, kompleks Komunitas Salihara terdiri atas empat unit bangunan utama: Teater Salihara, Galeri Salihara, Anjung Salihara dan ruang perkantoran. Saat ini, Teater blackbox Salihara adalah satu-satunya yang ada di Indonesia. Sementara Sejak 2014 Kompleks Salihara diperluas dengan bangunan baru: Anjung Salihara. Di dalamnya terdapat Studio Tari, Studio Musik, Wisma Seni, Ruang Serbaguna dan Teater Anjung.

Komunitas Salihara dibentuk oleh sejumlah sastrawan, seniman, jurnalis, dan peminat seni. Sejak berdiri, Komunitas Salihara telah menampilkan berbagai macam acara seni dan pemikiran; sebagian datang dari mancanegara dan berkelas dunia pula.

Di sini kita bisa menyaksikan banyak sekali pertunjukan mulai dari teater, musik, tari, film, pertunjukan sastra dan lain sebagainya.

Hello Sis, koleksi fashion & lifestyle terbaru ini cocok buat kamu lho..