Punya rumah atau tempat tinggal yang luas adalah idaman banyak orang. Namun, harga tanah yang semakin melonjak dan minimnya ruang kosong di daerah perkotaan seringkali membuatmu harus beradaptasi dengan ruangan yang tidak terlalu lapang. Selain itu, banyaknya perabot rumah tangga yang dibutuhkan juga bikin ruanganmu menjadi makin terasa sempit.

Eits, tapi tenang, ruangan yang kecil bukan lagi halangan untuk tinggal dengan nyaman. Karena kamu bisa mengandalkan smart furniture yang bisa menghemat ruang. Nah, panasaran bagaimana bentuknya? Berikut ini Kita berikan inspirasinya.

Untuk Awal Silahkan Lihat Video Ini agar Mengerti Apa Itu Space Saving

 

Nah Sudah Sedikit Mengerti apa itu Space Saving ? Sekarang Coba Terapkan 4 Poin Dasar Berikut Ke Rumah maupun Apartement minimalismu demi memperoleh kesan lapang pada interior apartemen Anda.

1. Furnitur Modular

Inilah jenis furnitur yang paling tepat untuk digunakan pada ruang dengan luas terbatas. Furnitur modular adalah furnitur yang memiliki lebih dari satu fungsi dan bentuk. Artinya bentuk furnitur dapat diubah menjadi fungsi lain sesuai keinginan atau kebutuhan kita, misalnya ranjang berubah fungsi jadi sofa jika dilipat.

Jenis furnitur ini mulai populer di Indonesia seiring dengan melambungnya permintaan unit apartemen dan hunian mungil. Selain praktis digunakan, furnitur modular juga menjadi solusi untuk menghemat space.

( Lihat Juga Produk Furniture Di Kriya : DISINI )

2. Costumized Furniture

Sesuai dengan namanya, diperlukan desain khusus untuk membuat furnitur sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Seperti furnitur modular, kreativitas desain memungkinkan furnitur memiliki lebih dari satu fungsi. Misalnya desain ranjang yang menyatu dengan meja kerja di sampingnya, atau sofa yang sekaligus berfungsi sebagai tempat penyimpanan dengan membuat rak pada bagian dudukan atau kaki sofa.

Sebelum membuatnya, tentukan dulu jenis dan fungsi furnitur apa yang Anda inginkan. Ada berapa banyak fungsi dalam satu furnitur serta dimana perletakannya. Sebab menempatkancostumized furniture tidak bisa sebebas meletakkan loose furniture. Sebaiknya posisikan furnitur menempel atau justru “menyatu” dengan dinding agar ruangan terlihat lebih lapang.

3. Kreasikan Dinding

Bidang dinding merupakan salah satu area potensial untuk dijadikan tempat penyimpanan (storage). Selain berguna untuk menempatkan pajangan (wall art), Anda bisa “mengisi” dinding dengan lemari atau rak terbuka sebagai tempat penyimpanan. Desain lemari yang atraktif mampu menabah daya tarik visual pada ruangan.

4. Dapur Model I

Jika intensitas memasak tidak terlalu sering, buatlah dapur dengan desain model I. Selain bentuknya yang simpel, model dapur ini juga berguna untuk menghemat ruang. Anda bisa memanfaatkan dinding untuk membuat lemari penyimpanan.

Bahkan ada beberapa desain dapur yang kemudian menyatukan fungsinya dengan ruang makan dengan cara membuat meja makan lipat. Jika tidak dibutuhkan, meja bisa dilipat dan di “sembunyikan” di dalam lemari dapur. Ide kreatif berikutnya adalah dengan menutup sink agar berubah fungsi menjadi area memotong bahan makanan saat memasak. Praktis kan?

Masih Kurang Penjelasannya ? Kita Juga Rangkum Buat Sobat Kriya Apa apa saja furniture yang menghemat tempat , langsung cek saja 

1. Rumah belum lengkap kalau belum ada kursi dan meja. Agar suasana rumahmu lebih lenggang dan tampak indah, buat saja meja dan kursi yang bentuknya mirip potongan pizza.

Meja dan kursi adalah perkakas wajib yang harus kamu miliki. Selain untuk menerima tamu, kamu juga membutuhkannya untuk sekadar duduk-duduk. Agar perabot ini tak bikin rumahmu makin sempit, kamu bisa mengakalinya dengan membuatnya menjadi seperti potongan pizza.

Kamu bisa pesan pada tukang kayu untuk membuat meja dalam bentuk lingkaran. Lalu buatlah kursi dalam bentuk seperempat lingkaran. Kursi dengan bentuk seperti ini jauh lebih efisien. Karena kamu bisa menyatukannya dengan meja layaknya potongan pizza saat tidak digunakan. Dengan begitu, ruanganmu juga makin indah dan enak dipandang.

( Lihat Juga Produk Home Appliances Di Kriya : DISINI )

2. Mejamu tak lagi bikin penuh kalau kamu mau menanamnya menjadi lantai kayu.

Membuat rumah menjadi lapang itu sebenarnya gampang lho. Salah satu caranya adalah menggabungkan dua properti menjadi satu. Misalnya tanam saja mejamu sekaligus menjadi lantai kayu.

Saat awal pembuatan rumah, kamu bisa minta tolong pada tukang untuk membuat dua lapis lantai. Tak perlu berlaku pada semua lantai, cukup seluas meja yang kamu inginkan.

Caranya, ciptakan 2 lapis bertingkat pada lantaimu. Lapis pertama adalah lantai rumah dan lapis ke dua menjadi meja. Cukup pasangkan rangka besi sebagai kaki dan mur baut sebagai penggerak lantai lapis kedua. Dengan cara seperti ini, kamu tak perlu bingung menyimpan mejamu saat gak digunakan. Dijamin rumahmu juga bisa terlihat rapi.

3. Selain menghemat ruang, menata koleksi buku di bawah tempat duduk juga bisa memanjakanmu dalam membaca.

Koleksi buku tak harus disimpan di rak khusus, sekarang kamu bisa menatanya di bawah tempat duduk. Caranya? Kamu bikin saja kursi kayu dengan konsep mengantung seperti pada gambar. Lalu manfaatkan space di bawah tempat duduk untuk menyimpan buku.

Dengan smart furniture seperti ini, rumahmu bisa terlihat lebih lenggang dan aktivitas membaca juga jadi lebih menyenangkan. Karena kamu bisa meraih buku-bukumu dengan gampang dengan hanya mengulurkan tangan saat sedang duduk.

4. Penampilanmu akan lebih maksimal dengan meja setrika yang sekaligus punya cermin di baliknya.

Penampilanmu bisa lebih maksimal jika kamu menyetrika bajumu dengan benar. Selain itu, kamu juga harus memastikan dandananmu sudah pas dengan berkaca. Maka dua barang ini harus kamu punya di rumah.

Hey, tak perlu khawatir ruanganmu banyak tersita, karena sekarang dua benda ini bisa kamu gabungkan menjadi satu item saja. Caranya beli papan setrika yang bisa dilipat, lalu tempelkan kaca besar di baliknya. Pasanglah di dekat colokan listrik sebagai cermin dandan. Nah, sewaktu-waktu kamu butuh setrika, kamu bisa langsung membukanya. Dandananmu bisa maksimal, ruangan bisa lebih lapang. Praktis ‘kan?

5. Kalau di balik batu ada udang, maka di balik lukisan bisa ada perhiasan.

Kamu punya banyak koleksi perhiasan? Jam tangan? Kacamata? Gelang? Kalung? Barang-barang ini gak jarang bikin ruanganmu menjadi tampak penuh barang dan menjadi tak enak dipandang. Agar hal ini tak terjadi lagi, sekarang kamu bisa membuat papan kotak perhiasan yang di tutup dengan lukisan.

Caranya, buat rak atau papan kotak di dinding dengan ketebalan 5- 15 cm. Gantung dan simpan perhiasannmu di dalamnya. Lalu pasangkan lukisan sebagai penutup menggunakan engsel. Rak dan lukisan indah bisa kamu dapatkan dengan selangkah saja.

Nah, menarik ‘kan? Dengan tempat penyimpan perhiasan seperti ini, dijamin rumahmu akan terlihat lebih rapi. Selain itu, tembokmu juga lebih enak dipandang. Kamu tertarik membuatnya?

6. Gak punya tempat luang di luar ruangan bukan hambatan untuk menjemur pakaian. Karena kamu bisa memanfaatkan jendela sebagai jemuran

Mungkin kamu tinggal di tengah kota yang gak banyak lahan kosong. Hal ini terkadang bikin kamu menjadi bingung untuk memasang jemuran. Tenanglah, sekarang kamu memanfaatkan jendela sebagai penggantinya. Buatlah teralis jendela dari kayu yang mudah dibuka tutup.

Jika pagi menjelang, gantungkan saja pakaian dan handukmu di celah teralis jendala. Angin dan panas dari luar bisa mengeringkannya. Nah, jika malam sudah tiba, kamu tinggal tutup saja biar tidak kedingingan. Praktis dan kreatif ‘kan?

7. Dengan sedikit tambahan papan kayu, kursi sederhana bisa disulap sebagai laci penyimpan barang-barangmu.

Ada banyak barang yang bikin rumahmu jadi penuh dan berantakan? Kamu bisa mengakalinya dengan membuat laci di bawah kursi. Pesanlah pada tukang furniture untuk membuat kursi dari kayu, lalu tambahkan beberapa papan dmi membuat laci di bagian bawahnya.

Nah, dengan properti seperti ini, kamu bakal punya banyak tempat penyimpanan barang tanpa kudu memasang rak di berbagai tempat. Alhasil rumahmu tak lagi jadi berantakan dan bisa lebih lenggang.

8. Cara cerdas untuk menghemat ruang adalah memanfaatkan kolong tangga. Rumahmu bisa terlihat lebih lenggang karenanya.

Salah satu cara cerdas untuk membuat ruanganmu menjadi lebih luas adalah menggunakan kolong tangga sebagai tempat menyimpan barang. Kamu bisa bikin tangga dari kayu, lalu buatlah laci di bawahnya dengan sedikit tambahan papan kayu.

Manfaatkan laci itu untuk menyimpan sepatu, buku, koran bekas, atau perkakas rumahmu. Agar tidak lupa, kamu bisa melabelinya dengan tanda jenis barang. Nah, dengan smart furniture seperti ini, dijamin rumahmu bisa lebih rapi.

9. Tanpa perlu mengeluarkan banyak uang lagi untuk beli properti, meja belajar bisa kamu ciptakan dari tutup lemari.

Hanya dengan sedikit sentuhan kreativitas, ruanganmu bisa terlihat menjadi lebih luas. Salah satu caranya adalah menjadikan tutup lemari menjadi meja belajar.

Desainlah sebuah lemari dengan pintu yang lebar, lalu pasangkan pengait besi di bagian sudut yang berfungsi sebagai engsel. Nah, dengan begitu, tutup lemarimu bisa digunakan sebagai meja dan tetap tegak meski di gunakan untuk meletakan barang. Nah kreatif ‘kan? Selain bisa menghemat uang, ruanganmu pun bisa terlihat lebih lapang karena mejamu bisa di ubah jadi tutup lemari saat tidak digunakan.

Ruangan yang sempit bukan halangan untuk tetap tinggal nyaman, karena kamu bisa manfaatkan properti multifungsi yang bisa menghemat banyak ruang. Gak perlu bingung cari inspirasi, karena rekomendasi dari Kita ini bisa jadi solusi.